Meriahnya Acara Jember Fashion Carnival

Diposting oleh Hulu on Minggu, 28 Agustus 2016

Meriahnya Acara Jember Fashion Carnaval di Jember. Pernah belum datang untuk menikmati acara daerah seperti festival atau karnaval?, untuk yang sedang di jember ayo lihat Jember Fashion Carnaval yang sudah diadakan sejak lama ini. Jember Fashion Carnaval atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Jember Fashion Carnival sudah digelar sejak tahun 2001 yang biasa dilaksanakan pada bulan Agustus. Tadinya Kota Jember sebagai kota tembakau, tetapi kini menjadi potensi wisata dan budaya yang menarik untuk disaksikan.

Tahu gak penggagas Jember Fashion Carnival ini?, usut punya usut ternyata digagas pertama kali oleh Dynand Fariz, seorang desainer fashion kelahiran Jember dan dilaksanakan pertama kali pada tanggal 1 Januari 2001. Pada tahun 2011 JFC genap berusia satu dekade (sepuluh tahun) dan kemudian berkembang menjadi event bertaraf nasional bahkan internasional. Ternyata Jember Fashion Carnaval ini berawal dari maraknya Group Reyog Ponorogo yang memadati jalan protokoldi saat arak-arakan budaya HUT kota Jember yang menarik perhatian warga tiap Tahun. Sehingga terciptalah ide pemikiran sebuah parade dengan jalan kaki dengan menggenakan kostum yang menarik, meriah, warna cerah serta berumbai-rumbai. Dan tenyata pada saat tahun 2001 menjadi awal dari Jember Festival Carnaval, dimana Ide konsepnyanya tidak jauh beda dengan Arak-arakan sebelumnya, maka dari itu bentuk kostum dari JFC selalu menyerupai Reyog dimana pada saat itu juga terdapat acara serupa, festival kostum di negara-negara Amerika. Bahkan hingga saat ini puluhan group Reyog di kota Jember masih berpartisipasi dan mendukung kegiatan JFC tiap tahun.

Tahu gak yang unik dari Jember Fashion Carnival, yang mengakibatkan event ini menjadi bertaraf internasional?, ternyata nih para peserta yang tampil mendesain sendiri baju rancangannya dengan memanfaatkan bahan bekas pakai atau daur ulang, serta para peserta yang tampil bukanlah seorang desainer, model, maupun penari profesional. Mereka justru datang dari berbagai kalangan seperti pelajar dan mahasiswa, pegawai swasta, duta, bahkan ibu rumah tangga. Dan yang hebat lagi ternyata event Jember Fashion Carnival ini merupakan yang pertama di Indonesia dan belum pernah ada di kota lain, serta tampil di sebuah kota kecil yang relatif jauh dari ibu kota negara maupun ibu kota provinsi. Catwalk terpanjang di Indonesia (3,6 km) dan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Bahkan jumlah fotografer dan jurnalis yang ingin meliput acara ini pun mencapai 2000 orang, meskipun yang mendapat akreditasi resmi dari panitia hanya 200 orang.

Ayo tunggu apalagi?, buruan datang dan saksikan event Jember Fashion Carnival yang sangat terkenal ini.