Soto Pulung Dowo dari Lereng Gunung Ronggo

Diposting oleh Hulu on Selasa, 05 Januari 2016

Bagi penggemar wisata kuliner, Soto Pulung Dowo pasti tak akan terlewatkan. Terutama mereka yang punya jiwa petualang. Berada di lereng Gunung Ronggo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, sajian yang satu ini menjadi penghangat perut di pagi hari.

Mendengar namanya saja sudah membuat orang penasaran. Apalagi rasanya. Ya, Soto Pulung Dowo. Identitas ini diambil dari lokasi warung yang kini dikelola pasangan suami-istri Muafif Khoirif dan Koko Hariyadi. Tepatnya di Dusun Pulung Dowo, Desa/Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Nama bukan asal comot. Tapi hadiah dari Rendra Kresna saat masih menjadi Bupati Malang (kini mencalonkan lagi di Pilkada Kabupaten Malang). ”Sekitar tiga tahun lalu atau 2012, saat Pak Rendra datang ke sini, langsung diberi nama Soto Pulung Dowo,” ujar Koko.

Ketika itu, maksud Rendra agar daerah ini terangkat dan memiliki ciri khas. Sekaligus agar nama Dusun Pulung Dowo lebih terkenal. ”Kami pikir benar juga, akhirnya kami ganti nama menjadi Soto Pulung Dowo,” tutur laki-laki berusia 39 tahun itu sembari menambahkan, nama tersebut benar-benar membawa keberuntungan karena makin ramai pembeli.